PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Cari Artikel Di Blog Ini

Jumat, 15 Juni 2012

Cara Membuat Program Trafik Lihgt

Sebelum memulai membuat trafik light sudah tau kagak sejarah trafik light ??? kalo belom Klik Disini
Untuk membuat program trafik light biar gampang, kagak usah pikir-pikir sampai kepala botak, kita pakek jurus yang bernama K-Map hehehe
Kawand-kawand sudah tau belum itu jurus kalo belom baca dulu Disini 
Untuk awal pertama kali kita belajar dulu yang 2 simpang ya,,, jangan sok2 belajar yang 7 simpang itu namanya nafsu kuat tenaga kurang hehehe....
Nie dia simpangnya,,,,

eh,,, kelihatannya kok 4 simpang dech ???? perhatikan dulu kawand baik-baik thuh garis putus2, kan ada yang dihalangi sama thuh garis disetiap simpang. Masih belom jelas ??? waduh..... kayaknya harus disuapin lagi hehehe... kagak ngerti ya maksud dihalangi ? thuh ada saya lingkari garis merah

Trus bagaimana buat programnya,,,, begini ceritanya hehehe
Pertama kita tentukan dulu berapa lama hidup lampu merah, kuning hijau dan simpang mana yang hidup hijau, biar mudah kita buat dalam bentuk tabel seperti dibawah


Pada tabel diatas kita liat di JL. Pete (nama jalan kok pete hehehe) lampu merah 0-7 langkah thuh maksudnya 8 detik (kok 8 sich ???? ya iya lah 0 juga dihitung) begitu juga untuk kuning dan hijau ( kuning = 1 detik dan Hijau 7 detik)
Berarti kalo kita jumlahkan detiknya menjadi 16 detik atau 16 langkah. Kalo kita konversikan desimal 16 ke biner maka menjadi ( 1111 ). belom tahu cara konversinya Klik Disini
Bilangan Binernya ada 4 digit berarti kita ada 4 variabel yaitu A, B, C dan D. Trus kita buat tabel kebenaran sesuai dengan lampu menyala seperti berikut :


Kalo menyala berarti kita isikan 1 ( sesuai dari tabel pertama diatas yang digaris hitam).
Perlu diperhatikan dalam mendapatkan persamaan dari tabel diatas kita hanya ambil yang bernilai 1. Contoh untuk M1, nilai 1 hanya dari desimal 0 s/d desimal 7
Selanjutnya perlu diingat pula nilai 0 pada variabel itu inversi sedangkan 1 bukan inversi. Contohnya begini
A, B, C, D nilai di tabel 0001 maka persamaannya adalah A|B|C|D ( tanda ( | ) diawal variabel menandakan inversi atau bar)
Dan perlu diingat satu lagi hehehe,,,, desimal (langkah ) 0 dan 1 itu berarti OR atau tambah ( + ). Contohnya begini desimal (langkah) 0 persamaannya |A|B|C|D. desimal 1 persamaannya A|B|C|D, maka persamaan untuk keduanya ditulis |A|B|C|D + A|B|C|D
Kalo kawand2 sudah ngerti kita cariin persamaan dari tabel diatas untuk tiap2 lampu

M1 = |A|B|C|D + A|B|C|D + |AB|C|D + AB|C|D + |A|BC|D + A|BC|D + |ABC|D + ABC|D
K1 = |A|B|CD
H1 = A|B|CD + |AB|CD + AB|CD + |A|BCD + A|BCD + |ABCD + ABCD

M2 = |A|B|CD + A|B|CD + |AB|CD + AB|CD + |A|BCD + A|BCD + |ABCD + ABCD
K2 = ABC|D
H2 = |A|B|C|D + A|B|C|D + |AB|C|D + AB|C|D + |A|BC|D + A|BC|D + |ABC|D

Setelah kita mendapatkan persamaannya, selanjutnya kita menyederhanakan persamaan tersebut menggunakan K-MAP, belum apa itu K-MAP ??? KLIK Disini
Karena persamaan diatas 4 variabel, maka kita gunakan K-MAP 4 variabel
Kita sederhanakan satu persatu, M1, K1, H1 dst
Pertama kita akan menyelesaikan penyederhanaan M1
M1 = |A|B|C|D + A|B|C|D + |AB|C|D + AB|C|D + |A|BC|D + A|BC|D + |ABC|D + ABC|D

Dari peta K-MAP diatas didapat persamaan sebagai berikut:

M1 = |D

sederhana banget ya.... mantap thuh K-MAP hehehe
Untuk yang lain kerjakan sendiri ya... kalo belom mampu baca lagi Disini. Saya cuma kasih tau hasilnya aja hehehe

K1 = |A|B|CD
H1 = AD + |ACD + |ABD

M2 = D
K2 = ABC|D
H2 = |B|D + |AB|D + B|C|D

Kalo bagi kawand2 yang super malas, atau yang mau simpel aja pakek software Karnaugh Map aja ya,,, belom punya ??? download Disini
kalo dah dapet persamaannya baru kita buat programnya di CX. Tunggu ya... bahasannya maklum lagi sibuk nie hehehe