PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Cari Artikel Di Blog Ini

Selasa, 28 Agustus 2012

Unit output


Setelah input kita pahami dengan benar tiba gilirannya kita pelajari bagaimana menggunakan output pada PLC.

Satu tipe output yang paling banyak digunakan adalah output relay, dengan relay output dapat kita hubungkan langsung baik beban bertegangan AC maupun DC. Kita sebut beban output karena beban yang berada diluar PLC kita hubungkan dengan terminal output PLC. Dalam merangkai harus pula kita pahami perlakuan khusus untuk output relay karena dengan menghubungkan sembarangan pada sumber tegangan akan menyebabkan kerusakan pada relay. Hal ini mirip dengan kejadian pada fiting lampu seharusnya dipasang sebuah lampu pijar akan tetapi langsung dihubungkan dengan sebuah kawat, akibatnya arus yang cukup besar mengalir padanya dan sekering akan terbakar.

Beberapa beban yang sering digunakan adalah selenoid, lampu, motor listrik dll. Sebelum kita menghubungkan beban pada PLC sebaiknya kita lihat terlebih dahulu spesifikasi beban, perlu arus berapa bekerja dengan tegangan berapa sebab bila arus dan tegangan kerja melebihi tegangan atau arus yang diijinkan pada output relay maka akan berakibat relay terbakar.

Beberapa tipe beban adalah beban semu, beban ini disebut juga dengan beban induktif. Beban induktif menghasilkan arus balik ketika diberikan arus pertama kali (mulai ON)". Arus balik ini menyebabkan adanya tegangan kejut pada system.

Contoh sederhana sebuah beban induktif adalah mesin pendingin ruangan (AC) yang selalu mati/hidup sepanjang waktu. Kalau kita amati baik dikantor atau di rumah ternyata dengan memasang AC saat dimana alat ini terdengar deru agak keras maka lampu-lampu yang nyala akan terlihat redup beberapa saat kemudian kembali ke nyala normal. Hal ini disebabkan karena AC berubah ON, kejadian ini sangat berbahaya untuk output relay PLC disebabkan arus yang mengalir bisa mencapai 30 kali arus rata-rata. Untuk membantu mengatasi hal diatas dibutuhkan rangkaian diode, varistor, atau yang lain. Rangkaian berikut menunjukan bagaimana output PLC disambungkan ke beban.


Gambar diatas merupakan cara untuk menghubungkan output relay PLC, walaupun dalam rangkaian digambarkan dengan AC namun dapat juga digunakan untuk rangkaian DC. Relay tidak memiliki polaritas dan biasanya dapat digunakan sumber tegangan DC atau AC, dimana common dihubungkan ke terminal sumber tegangan dan terminal yang lainnya disambungkan ke beban selanjutnya dari beban disambungkan ke ke output PLC yang telah ditentukan dalam program ladder diagram. 


Internal relay PLC adalah rangkaian yang menghubungkan antara terminal output PLC dengan rangkaian internal PLC. Ketika ladder diagram membuat output berkondisi ON, PLC akan menggerakan kumpara relay dengan tegangan. Tegangan ini akan membuat kontak tertutup dan saat tertutup arus dari luar masuk melalui terminal ke kontak dan kembali ke terminal luar PLC yang selanjutnya ke beban. Dengan demikian terjadi lingkaran arus tertutup dari sumber ke beban terus ke terminal PLC dan ke kontak kemudian kembali ke terminal dan sumber. Apabila PLC membuat kontak tersebut terbuka akan memutus rangkaian tertutup.