PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Cari Artikel Di Blog Ini

Jumat, 18 Mei 2012

Sistem Operasi PLC

2. Sistem Operasi PLC


PLC bekerja melalui scanning program secara terus menerus, dalam siklus scan terdapat 3 langkah penting. Sebenarnya terdapat lebih dari 3 langkah, tapi kita coba focus pada 3 langkah penting tersebut. Yang lain biasanya berkisar pada pengujian sistem dan memperbaharui isi counter dan timer yang ada.

Langkah 1-CHECK INPUT STATUS-Pada awal PLC melihat setiap input untuk menentukan kondisinya ON atau OFF, apakah sensor 1 terhubung ke input pertama dalam kondisi ON?, bagaimana input kedua?, bagaimana input ketiga?, hal ini akan dicatat dalam memori untuk digunakan sebagai dasar pelaksanaan program berikutnya. 

Langkah 2-EXECUTE PROGRAM-Berikutnya PLC menjalankan program anda satu instruksi setiap kali, misalkan program anda mengatakan bahwa input pertama ON maka aksinya adalah mengaktifkan output pertama ON. Setelah diketahui input mana berkondisi ON atau OFF dari langkah sebelumnya, maka berdasarkan hal ini dapat diputuskan output mana yang seharusnya diaktifkan (ON/OFF) dan ini dicatat sebagai hasil pelaksanaan untuk digunakan pada langkah berikutnya. 

Langkah 3-UPDATE OUTPUT STATUS-Pada akhirnya PLC memperbaharui status output berdasar hasil pelaksanaan program langkah 2, berdasar contoh pada langkah 1 input ON dan program anda mengatakan untuk mengaktifkan (ON) output pertama bila dihasilkan kondisi True.