PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Cari Artikel Di Blog Ini

Sabtu, 23 Juni 2012

Permasalahan Pada Waktu Tanggap


Sekarang kita tahu tentang waktu tanggap, hal ini sangat berarti bagi suatu aplikasi. PLC hanya dapat melihat input ON/OFF ketika melihat hal itu. Dengan kata lain, ini hanya melihat input selama menguji status input merupakan bagian dari scan.


Dalam gambar, input 1 tidak terbaca sampai scan 2, karena ketika input 1 berubah kondisi ON scan 1 telah selesai membaca input, input 2 tidak terbaca sampai scan 3 hal ini juga karena ketika input berubah kondisi ON scan 2 telah selesai membaca input. Input 3 tidak pernah terbaca karena ketika scan 3 telah membaca input sinyal 3 belum ON. Ini berubah OFF sebelum scan 4 membaca input, sehingga sinyal 3 praktis tak terbaca oleh PLC.
Untuk menghindari hal ini seharusnya kondisi ON input paling tidak:
          1 input waktu tunda + 1 waktu scan.
Bagaimana jika tidak mungkin ON selama waktu tersebut, maka PLC tidak akan membaca saat input berubah ON, oleh karena itu perubahan menjadi tidak berguna, pembacaan input menjadi tidak benar. Hal ini perlu dicarikan penyelesaian agar perubahan input tersebut dapat terbaca oleh PLC, yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan 2 cara berikut.