PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Cari Artikel Di Blog Ini

Selasa, 11 Desember 2012

PERSIAPAN PEMPROGRAMAN (Bagian 3)

3. Struktur Area Memory PLC  “ CPM 2 A “




Struktur Area Memory PLC OMRON “ CPM 2 A “
Dalam tabel di atas ini adalah merupakan struktur area memory dari PLC OMRON tipe  “ CPM 2 A “.

Keterangan:
 
Area IR ( Internal Relay )
Bit-bit dalam area IR mulai dari IR 00000 sampai IR 00915 dialokasikan untuk terminal CPU dan unit I/O. Bit input mulai dari IR 00000, dan output bit yang berisikan nomor yang dapat mulai dari IR 01000. Bit IR work dapat digunakan secara bebas dalam program. Dan ini hanya digunakan dalam program, IR work tidak secara langsung dialokasikan atau digunakan untuk terminal I/O eksternal.

SR ( Special Relay )
Bit relay spesial ini adalah bit yang digunakan untuk fungsi-fungsi khusus seperti untuk flags ( misalnya, dalam operasi penjumlahan terdapat kelebihan digit, maka carry flag akan set "1" ), kontrol bit PLC, informasi kondisi pada PLC, dan yang menggunakan sistem clock.








AR ( Auxilary Relay )

Bit AR ini adalah bit yang digunakan untuk flag yang berhubungan dengan operasi PLC “ CPM 2 A “. Bit ini diantaranya digunakan untuk menunjukkan kondisi PLC yang disebabkan oleh kegagalan sumber tegangan, kondisi I / O spesial, kondisi unit input / ouput, kondisi CPU PLC, kondisi memory PLC dan sebagainya.

HR ( Holding Relay )
Dapat difungsikan untuk menyimpan data (bit-bit penting) karena tidak akan hilang walaupun sumber tegangan PLC mati. 

LR ( Link Relay )
Digunakan untuk link data pada PLC Link System. Artinya untuk tukarmenukar informasi antar dua atau lebih PLC dalam suatu sistem kontrol yang saling berhubungan satusama lain.


TR (Tempory Relay)
Berfungsi untuk menyimpan sementara kondisi logika program ladderyang mempunyai titik pencabangan khusus. 

TC (Timer / Counter)
Untuk mendefinisikan suatu sistem tunda waktu (timer), ataupun untuk penghitung (counter). Untuk timer TIM mempunyai orde waktu 100 ms dan TIMH mempunyai orde waktu 10 ms. TIM 000 s.d TIM 255 dapatdioperasikan secara interrupt untuk mendapatkan waktu yang lebih presisi.

DM (Data Memory)
Data memory berfungsi untuk penyimpanan data-data program, karena isi DM tidak akan hilang walaupun sumber tegangan PLC mati. DM word mulai dari DM 0000 sampai DM 1999 dan DM 1022 dan DM 1047 dapat digunakan secara sebanyak – banyaknya dan bebas dalam program. DM word yang dialokasikan untuk fungsi-fungsi khusus, adalah:

  • DM Read/Write Pada DM ini data bisa ditulis dan dihapus oleh program yang kita buat.  
  • DM Error Log Pada DM ini disimpan informasi-informasi penting dalam hal PLC mengalami kegagalam   sistem operasionalnya.  
  • DM Read Only Dalam DM ini data hanya dapat dibaca saja (tidak bisa ditulisi)  
  • DM PC Set Up  

Data yang diberikan pada DM ini berfungsi untuk Setup PLC. Pada DM inilah kemampuan kerja PLC didefinisikan untuk pertama kali sebelum PLC tersebut diprogram dan dioperasikan pada suatu sistem kontrol.