PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER)

Cari Artikel Di Blog Ini

Selasa, 11 Desember 2012

PERSIAPAN PEMPROGRAMAN (Bagian 2)

B. PERSIAPAN PLC
Sebelum kita membuat program kedalam PLC sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu komponen -komponen dari PLC itu sendiri, agar kita tidak membuat kesalahan lagi dalam membuat program. Kita harus mengetahui karakteristik - karakteristik dari masing-masing komponen itu sendiri.
Dalam  modul ini akan dibahas mengenai beberapa komponen-komponen yang umumnya terdapat pada PLC.
1. BAGIAN – BAGIAN PROSESSOR “ CPM 2 A “
Komponen - komponen dari CPU CPM2A seperti ditunjukkan pada gambar.
 


Gambar 16. PLC OMRON  “ CPM2A ”.
Indikator Status PLC


INDIKATOR INPUT
Indikator ini akan menyala apabila input ON. Apabila terjadi kesalahan fatal, keadaan lampu pada indikator akan berubah sebagai berikut: CPU atau modul input / output ( I / O ) bus error : input indikator OFF Memory atau sistem error : input indikator tetap pada status sebelum kesalahan ( error ) terjadi, meskipun status input berubah.
INDIKATOR OUTPUT
Indikator ini menyala ketika relay atau output ON.

2. Komunikasi Host Link
Dengan komunikasi Host Link memungkinkan sebuah host komputer mengontrol sampai 32 PLC OMRON. Untuk menghubungkan PLC dengan komputer dapat menggunakan adapter RS - 232C atau RS - 422.

A . Komunikasi 1-1
Komunikasi metoda hubungan 1:1 yaitu hubungan antara PLC  “ CPM 2 A “ dengan Komputer IBM PC / AT atau komputer yang kompatibel dengan IBM PC/AT. Bagian dan fungsi dari komponen-komponen tersebut adalah:


- Mode, Setting, Switch
Set saklar ini ke host apabila akan menggunakan sistem host link untuk menghubungkan ke personal komputer. Dan set saklar ke NT apabila kita ingin menghubungkan PLC ke komputer dengan menggunakan hubungan yang memakai metoda 1:1 NT Link.

- Connector
Connector ini digunakan sebagai penghubung ke CPU Peripheral Port.
  
- RS-232C Port
Dengan menggunakan kabel RS-232C Port ini dihubungkan ke peralatan lain seperti Personal Computer, Peralatan Peripheral dan Terminal Pemrogram.